Simak! Turnamen E-Sport Termashyur di Indonesia

Simak! Turnamen E-Sport Termashyur di Indonesia

Playstation experience E-sport di Indonesia diprediksi bakal mengubah perilaku bermain game online. Penikmat game ke depannya lebih condong pada game-game bernilai turnamen jikalau melihat fenomena e-sport yang berkembang demikian pesat. Sebagai suatu industri, e-sport didekatkan dengan bidang hiburan dan olahraga yang melibatkan banyak aspek dan pelaku sektor di dalamnya. Demikian pula, turnamen E-Sport akan menjadi salah satu produk dari bidang e-sport yang memiliki pangsa luas pun lintas negara.

Apa Itu Kompetisi E-Sport?

Istilah e-sport tumbuh berbarengan dengan turnamen-pertandingan game online yang kian terorganisir sesudah masuknya sponsor dan pengusaha ke dalamnya. Kompetisi yang semula bersifat lokal berkembang menjadi kompetisi dunia dengan peserta dari profesional game. E-Sport pertandingan lantas dimaknai sebagai turnamen virtual di antara gamer atau regu gamer untuk menyukseskan sebuah permainan game.

Sejarah E-Sport Dunia

Dari sumber-sumber berbeda, turnamen e-sport telah dimulai semenjak tahun 1970 oleh mahasiswa stanford university. Pada era permulaan e-sport ini, permainan Spacewar yang dikala itu ialah video game komputer begitu populer sehingga sekelompok mahasiswa mengadakan turnamen berhadiah langganan majalah. Ditelisik lebih jauh, pada masa itu game sejenis Spacewar kemudian Space Invader meledak di antara pengguna komputer hingga menghasilkan gelombang penggemar yang besar. Apalagi dikala ini internet belum menjadi teknologi umum sehingga game yang diinstal secara manual ini bisa dimainkan selama berjam-jam oleh penggemarnya. 

Sesudah dari Stanford University, kompetisi berikutnya yang ikut serta menjadi jejak permulaan kompetisi e-sport ialah laga game Space Invader yang diadakan oleh Atari. Game ini dimaksimalkan sebagai video game berskala besar pada saat itu sesudah ketidakhadiran Spacewar sebelumnya. Berbeda dari Spacewar yang cuma bisa dimainkan melalui komputer dan hanya menjangkau pengguna komputer, Space Invader lebih luas dimainkan sebab dimainkan pula di mesin ding-dong atau mesin Arcade. Di pusat hiburan dan daerah biasa, mesin ini menarik atensi publik.

Fakta menariknya yakni pada masa awal perkembangan e-sport, pertandingan dilaksanakan dalam sistem single-player dimana nilai kemenangan akan menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang. Game Nintendo pada era 80-an malahan diperlombakan mengaplikasikan cara nilai. Barulah setelah dunia online masuk, game-game multiplayer bahkan dimainkan secara masif.

Sejarah E-Sport Pertandingan Indonesia

Jauh sebelum adanya warnet, pada tahun 1989 pernah diselenggarakan laga game Nintendo di Surabaya. Nintendo adalah satu-satunya pengembang game pada saat itu yang mengerjakan promosi melewati serangkaian laga antar pemain. Pertandingan di Jawa Timur yakni di Mall THR.  Walaupun tak tercatat secara valid dalam sejarah, perlombaan Nintendo ini bisa dianggap sebagai awal mula e-sport di Indonesia. 

Pertandingan barulah terjadi secara besar-besaran dikala warnet mulai bertumbuh di pelbagai wilayah terutamanya di pulau Jawa. Permulaan 2000-an pertandingan game online rutin diadakan oleh pengusaha warnet untuk menarik minta pengunjung. Terus berkembang, banyak warnet kemudian diubah menjadi daerah khusus bermain game online sehingga lomba yang dihasilkan mulai berskala besar. Sejak saat itulah, e-sport pertandingan Indonesia menemukan eksistensi sebagai biang bidang e-sport di tanah air. Sampai saat ini, bidang e-sport telah memiliki wajah yang terang dengan eksistensi regu-tim e-sport dan event-event besar bertaraf nasional dan dunia. 

Kompetisi E-Sport Indonesia

Percepatan dan keberhasilan industri e-sport untuk terus tumbuh didukung penuh oleh developer game dari semua dunia. Kecuali dunia maya yang memungkinkan game-game online diakses begitu mudah, integrasi teknologi terbaru membikin developer merancang permainan multiplayer ragam MOBA dengan perangkat jalan masuk hanya dari mobile phone. 

E-Sport di era modern bisa jadi digagas oleh Vanglory yang luncur pada 2014 silam. Setahun bersela, Vanglory hadir sebagai tournamen e-sport tingkat global yang dicontoh oleh regu-regu e-sport terbaik di dunia. Dari Indonesia, Elite8 mungkin salah satu tim e-sport paling fenomenal yang mencontoh Vanglory. 

5 Tournamen E-Sport Indonesia Berhadiah Besar

Hadiah turnamen e-sport ikut menguatkan eksistensi e-sport sebagai industri di tanah air. Hadiah-hadiah berjumlah besar membuat profesional gamers menekuni game sebagai suatu karir yang menjanjikan. Berikut yaitu daftar turnamen e-sport Indonesia berhadiah besar:

  1. ESL National Championship. Turnamen e-sport ini membikin pertandingan di 2 variasi game ialah Gelanggang of Valor dan Dota 2. Hadiah total ialah senilai 1,4 miliar rupiah.
  2. Piala Presiden 2018. E-Sport tournamen diadakan pula pada Asian Games 2018 lalu. E-Sport termasuk ke dalam cabang olah raga dengan hadiah total senilai 1,5 miliar rupiah.
  3. MPL Season 3. Tahun 2019 lalu, Mobile Legends Profesional League membikin turnamen season 3 yang dengan hadiah nominal senilai 4, 25 miliar rupiah.
  4. MPL Season 6. Selang setahun, pada tahun 2020 Mobile Legends Profesional League kembali membuat turnamen season 6 dengan hadiah besar ialah 4,5 miliar rupiah. 

Cuma-cuma Fire Champions Cup. pertandingan e-sport Indonesia ini ialah turnamen berhadiah besar yang diselenggarakan oleh pemerintah melewati Menparekraf dengan hadiah nominal menempuh 8,18 miliar rupiah. 

Kecuali turnamen-turnamen berhadiah besar yang telah dihelat hal yang demikian, Indonesia memiliki berbagai turnamen e-sport yang pantas dinantikan tiap-tiap tahun karena pesertanya dari beraneka regu profesional yang mempunyai mutu global. Berikut daftar pertandingan e-sport Indonesia yang paling bergengsi:

PUBG Mobile. Turnamen ini telah menjadi ikon e-sport kecuali sebab hadiah yang besar, secara rutin PUBG Mobile diadakan untuk tim-tim besar di dunia termasuk Indonesia.

Mobile Legends: Bang Bang. Turnamen yang satu ini kecuali memberikan reward berupa uang tunai jumlah besar, kemenangannya malah ialah prestasi terbaik bagi regu-regu e-sport Indonesia karena seharusnya berhadapan dalam event terbaik yang pernah diselenggarakan.

Piala Presiden. Perhatian pemerintah kepada sektor e-sport digambarkan dengan event pemerintah yang memberikan hadiah tunai besar. Piala presiden untuk turnamen e-sport selalu dicontoh oleh regu-regu terbaik.

Gratis fire. Sebagai ikon game MOBA, gratis fire mempunyai pertandingan e-sport yang layak ditiru oleh tim besar lintas negara.

League of Legends. Tak keok dari Mobile Legend dan Cuma-cuma Fire, LoL bahkan diselenggarakan untuk mempertemukan gamers-gamers profesional terbaik dalam dunia e-sport. 

Tim E-Sport Indonesia

Kalau turnamen e-sport di Indonesia telah diorganisasi secara profesional, bagaimana dengan tim e-sport tanah air? Tentu saja, di antara gemerlap dunia e-sport Indonesia telah melahirkan banyak regu e-sport bermutu yang sebagian diantaranya telah rutin berkompetisi dengan tim internasional dari negara lain. Berikut yaitu daftar regu e-sport Indonesia paling tangguh yang sudah hadir sebagai profesional e-sport.

  • EVOS E-Sports – Tim e-sport yang dibentuk tahun 2016 hadir sebagai sebuah energi besar di bidang e-sport tanah air. Berbagai prestasinya antara lain juara MPL Indonesia season 7, pemenang Free Fire Kamar, dan finalis FFWS Singapore 2021.
  • ONIC E-Sport – Tim ini telah memilki nama besar dan segudang prestasi sebagai elit e-sport regu dari Indonesia. 
  • Rex Regum Qeon (RRQ). Dibentuk tahun 2013, RRQ secara dibentuk menjadi tim e-sport Indonesia yang mempunyai prestasi dalam bermacam-macam
  • Bigetron. Sebagai juara PUBG Mobile World League (PMPL) 2020, Bigetron pemenang kualitas regu e-sport-nya di tanah air yang tim susah.
  • BOOM E-Sport. Walaupun sedangkan cuma cuma pada Dota 2, BOOM E-Sport konsentrasi diri sebagai tom e-sport yang senantiasa memberi selalu ketat dalam kompetisi e-sport Indonesia dan dunia.

Bidang e-sport di Indonesia akan semakin semakin ke depannya jika memperhatikan antusiasme para pelaku bidang game. Dengan demikian, regu-tim profesional malahan memiliki mempunyai besar untuk berkembang dalam selalu global.